“Makanya pangsa pasar kami meningkat sekarang sudah melaju hampir 60 persen,” ucap Imam.Sektor besar pembeli pikap kabin ganda 4X4, pertambangan, sedang lesu tahun ini. Namun buat Mitsubishi ada suplai tambahan sebab pembeli fleet Ranger mulai beralih ke Triton.
“Memang di pertambangan eksplorasi baru tidak sepesat dua tahun lalu. Tetapi kan ada peraturan penggunaan kendaraan maksimal tiga tahun, nah peremajaan inilah yang kami garap. Apalagi dengan mundurnya Ford, ada peluang meraup yang tadinya pakai Ford,” jelas Imam.
Mitsubishi terus dominan di pasar pikap kabin ganda 4X4 bersama Triton, namun tahun ini ada yang beda. Triton makin perkasa karena salah satu alasannya berkaitan dengan kepergian Ford dari Indonesia.
Triton kehilangan salah satu pesaing, yakni Ranger yang penjualannya langsung drop begitu Ford mengumumkan angkat kaki pada Januari lalu. Sebelumnya dua model ini bersinggunan cukup intens karena sama-sama mengandalkan konsumen fleet.
Pada Oktober, pangsa pasar Triton mencapai 59 persen atau 650 unit, sebesar 70 persen pembelian berasal dari konsumen fleet. Imam Choeru Cahya, Head MMC Sales & Marketing Group Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), di Bogor, Sabtu (12/11/2016), menjelaskan, pencapaian itu didukung kepergian Ford.
Mitsubishi Yakin Triton Makin Laku | PT Bestprofit Futures Mayapada
Imam mengurai salah satu faktor peningkatan itu datang dari hengkangnya Ford dari Tanah Air. Penjualan pesaing berat Triton, Ford Ranger, telah dihentikan seiring kepergian merek Ford. Pasar Ranger yang hilang berpotensi diambil alih Triton.
“Harapan kami 7.000 unit lebih, karena ada peluang yang tidak dipertimbangkan,” kata Imam.
Ford sudah menyatakan resmi mengemas koper lantas pergi dari Indonesia sejak Januari lalu. Aktivitas penjualan telah dihentikan setelah Ford Motor Company menunjuk RMA mengawal hanya layanan purna jual Ford. Mitsubishi Indonesia melihat peluang mendapatkan hasil lebih tinggi buat pikap kabin ganda Triton tahun ini. Sampai tutup tahun fiskal (Maret 2017) diharapkan Triton laku sampai lebih dari 7.000 unit.
Dari Januari – Oktober, Triton telah terjual 5.393 unit dengan perolehan pangsa pasar 52,3 persen menurut penjelasan Imam Choeru Cahya, Head MMC Sales & Marketing Group Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB). Khusus pada Oktober, pencapaian pangsa pasar melesat hingga 59 persen atau 650 unit.
Cara KTB Ajak Konsumen Maksimalkan Fitur Off Road Mitsubishi Triton | PT Bestprofit Futures Mayapada
“KTB sebagai Agen Pemegang Merek (APM) menyelenggarakan aktivitas ini sebagai sarana dalam memberikan informasi dan edukasi kepada konsumen. Tujuannya agar konsumen mampu memahami fitur dan memaksimal kemampuan dan penggunaan kendaraan yang dimilikinya di berbagai kondisi dan medan jalan,” ujar Head MMC Sales & Marketing Group KTB, Imam Choeru Cahya dalam keterangan resminya, Selasa (15/11/2016).Menurut rencana, kegiatan ini akan dilaksanakan pada tiga wilayah di Indonesia hingga Maret 2017. Perjalanan Mitsubishi Triton di Indonesia dimulai dari Mitsubishi L200 Strada yang diluncurkan 2002. Mendulang kesuksesan, Mitsubishi meluncurkan “Strada Triton” di 2007 dan kemudian penyegaran model pada Agustus 2015. Hingga saat ini menjadi market leader di kelas pick up 4x4 dengan pangsa pasar sebesar 52% (Januari-Oktober 2016). Sejak diluncurkan, Mitsubishi Triton berhasil meraih 16 penghargaan bergengsi dari media massa Indonesia dan mencapai populasi lebih dari 82.300 unit di seluruh Indonesia (per Oktober 2016).
Untuk memaksimalkan penggunaan fitur berkendara dari Mitsubishi Triton, terutama di medan off-road, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), memberikan edukasi kepada konsumen setianya dalam kegiatan bertajuk “Triton Family Gathering”. Acara di gelar akhir pekan kemarin (12/11) berlokasi di Villa Desa Pelangi, Sentul, Jawa Barat. Sebanyak 60 pengguna Mitsubishi Triton dari wilayah Jabodetabek dan beberapa kota di Jawa Barat berpartisipasi dalam acara berkonsep fun and education ini. Acara ini untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman atas prinsip safety driving terutama pada medan off-road dan memaksimalkan fitur 4x4 yang terdapat pada Mitsubishi Triton.
Selain product knowledge, peserta juga mendapatkan coaching clinic mengenai keselamatan berkendara off-road dan 4x4 yang disampaikan oleh tim Indonesia SmartDrive. Setelah mengikuti sesi product knowledge dan coaching clinic, pengguna Triton diperkenankan untuk mempraktikkan dan membuktikan sendiri performa dan ketangguhan performa Triton di medan off-road.Wilayah Jabodetabek dipilih sebagai tempat pertama diselenggarakannya kegiatan ini karena minat masyarakat akan penggunaan Triton sebagai kendaraan hobi dan semi-private terus tumbuh. Saat ini wilayah Jabodetabek merupakan pasar terbesar Triton untuk segmen semi–private dan hobi.
PT BestProfit